Logo Bloomberg Technoz

RI Gandeng Eramet Berburu Harta Karun Litium Mulai Agustus

Dovana Hasiana
07 May 2024 16:20

Bijih mentah atau ore litium./Bloomberg-Carla Gottgens
Bijih mentah atau ore litium./Bloomberg-Carla Gottgens

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Badan Geologi mengonfirmasi kerja sama dengan Eramet Indonesia dalam mengeksplorasi mineral kritis, salah satunya litium, bakal mulai diimplementasikan pada Agustus 2024.

Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengatakan pemerintah dan Eramet Indonesia bakal mulai menyusun rencana kerja (plan of action) pada Agustus 2024.

Adapun, kerja sama dilakukan karena Eramet Indonesia memiliki teknologi untuk eksplorasi, sementara Indonesia memiliki wilayah dengan potensi lihium di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di Bledug Kuwu, Jawa Tengah.

“Di seluruh wilayah potensi yang kira-kira ada, kerja sama bilateral seperti itu payungnya bukan hanya ditemukan di lokasi mana, tetapi apa yang akan dilakukan secara bersama,” ujar Wafid saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2024).

Litium yang telah dimurnikan./Bloomberg-Dado Galdieri

Kerja sama untuk eksplorasi litium dinilai potensial untuk mewujudkan target Indonesia sebagai produsen untuk baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Terlebih, potensi litium itu bakal digunakan untuk kebutuhan Indonesia.