Logo Bloomberg Technoz

Polri Sebut 2 Helikopter jadi Ambulans Udara saat Mudik Lebaran

Redaksi
03 April 2024 20:00

Korlantas Polri siapkan 2 helikopter menjadi ambulans udara selama mudik Lebaran 2024. (Dok. Humas Polri)
Korlantas Polri siapkan 2 helikopter menjadi ambulans udara selama mudik Lebaran 2024. (Dok. Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian RI atau Polri menyiapkan dua unit helikopter yang akan beroperasi sebagai ambulans udara pada masa mudik Lebaran 2024, dan arus balik. Helikopter milik Direktorat Polisi Udara ini akan melakukan evakuasi korban atau pemudik yang sakit selama masa Idulfitri 1445 Hijriah.

“Ketika misalnya di wilayah-wilayah seperti Merak, Bakauheni, Banten, Jabar, Jateng, Jatim atau daerah lain yang membutuhkan ini bisa dikerahkan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko dikutip dari laman Humas Polri, Rabu (3/4/2024).

Kepolisian akan membawa korban atau pemudik yang sakit menuju fasilitas kesehatan terdekat. Korps Bhayangkara ini juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit yang memiliki landasan helikopter.

Ambulans Udara disiapkan, kata dia, sebagai antisipasi jika jalur darat pada masa mudik dan balik tak memungkinkan proses evakuasi dalam kurun waktu cepat. Helikopter tersebut juga akan diisi kru penerbang, dokter, dan perawat.

“Kami tidak berharap apapun, tetapi dalam hal ini Polri mengantisipasi," ujar Trunoyudo.

Suasana antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Jawa Barat, Rabu malam, (19/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)