Logo Bloomberg Technoz

Asosiasi: Kartu Kredit 'Made in Indonesia' Terlalu Cepat

Krizia Putri Kinanti
17 March 2023 10:53

Ilustrasi Kartu Kredit. (Source Bloomberg)
Ilustrasi Kartu Kredit. (Source Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kartu Kredit Pemerintah (KKP) fisik akan diluncurkan Bank Indonesia (BI) pada Mei 2023. Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menilai peluncuran KKP fisik ini terlalu cepat.

Direktur Eksekutif AKKI, Steve Marta menilai teknis dari KKP ini belum jelas. Meski demikian, Steve mengatakan, KKP tetap jadi kebutuhan karena Indonesia memerlukan independensi. Tidak hanya KKP, namun untuk sistem pembayaran secara keseluruhan.

"Yang belum jelas adalah teknisnya, karena dimintanya cepat sekali bulan Mei ini harus sudah keluar. Memang harusnya ada perencanaan yang lebih detail dan lebih matang," kata Steve kepada Bloomberg Technoz, Jumat (17/3/2023).

"Apakah nantinya kalau KKP mau keluar Mei, sesuatu yang akan dimudahkan secara massal tapi nantinya tidak dapat bersaing dengan kondisi sekarang ini," Steve menegaskan.

Apabila KKP tidak bisa bersaing dengan internasional ataupun cara lama, dikhawatirkan masyarakat akan menjadi kecewa dan kembali dan menggunakan sistem yang ada sekarang.