Logo Bloomberg Technoz

Shell: Permintaan LNG Dunia Bakal Capai Titik Jenuh pada 2040

News
14 February 2024 20:30

Sebuah kapal LNG berangkat dari fasilitas pelabuhan Rio Tinto Group di Karratha, Australia Barat./Bloomberg-Carla Gottgens
Sebuah kapal LNG berangkat dari fasilitas pelabuhan Rio Tinto Group di Karratha, Australia Barat./Bloomberg-Carla Gottgens

Anna Shiryaevskaya - Bloomberg News

Bloomberg, Shell Plc mengatakan permintaan gas alam cair atau liquified natural gas (LNG) pada 2040 akan sedikit lebih rendah dari perkiraan sebelumnya karena dunia sedang mempersiapkan ekosistem bahan bakar nonfosil.

Raksasa energi Eropa itu, yang biasanya memiliki sikap bullish terhadap konsumsi energi, mengatakan dalam Global LNG Outlook bahwa permintaan diperkirakan akan mencapai sekitar 625—685 juta ton per tahun pada 2040, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya yang melebihi 700 juta ton.

Secara keseluruhan, menurut Shell, permintaan global terhadap gas alam cair diperkirakan meningkat lebih dari 50% pada 2040, bahkan ketika konsumsi gas mulai mencapai puncaknya.

"Pasar LNG akan terus tumbuh hingga 2040-an, sebagian besar didorong oleh dekarbonisasi industri China dan meningkatnya permintaan di negara-negara Asia lainnya,” kata Shell.