Logo Bloomberg Technoz

Klaim mingguan cenderung tidak stabil. Rata-rata pergerakan empat minggu, yang membantu memperlancar fluktuasi jangka pendek, meningkat menjadi 207.750, menandai peningkatan terbesar sejak November.

Data klaim awal yang tidak disesuaikan, yang tidak memperhitungkan pengaruh musiman, naik 11.000 menjadi sekitar 261.000. California, New York, dan Oregon mengalami kenaikan terbesar.

Menurut sebuah laporan pada Kamis dari Challenger, Gray & Christmas, perusahaan-perusahaan yang berbasis di AS mengumumkan rencana untuk memangkas lebih dari 82.300 pemutusan hubungan kerja (PHK) pada bulan lalu, lebih dari dua kali lipat angka Desember. Sementara itu, rencana perekrutan merupakan yang terlemah dalam catatan untuk Januari.

Menurut Anna Wong dan Eliza Winger dari Bloomberg Economics, rendahnya data klaim pengangguran mungkin bukan indikator yang dapat diandalkan tentang apa yang terjadi di pasar tenaga kerja karena faktor-faktor terkait pandemi.

Menurut Wong dan Winger dalam sebuah catatan baru-baru ini, secara historis, jumlah pengangguran di Amerika yang mengajukan tunjangan sangat rendah karena kurangnya kelayakan dan fakta bahwa pembayaran mingguan tidak mengikuti laju inflasi, yang dapat menyebabkan lebih banyak orang mencari pekerjaan paruh waktu daripada mengajukan tunjangan.

Setelah pejabat Federal Reserve mempertahankan suku bunga stabil pada Rabu, Gubernur Jerome Powell menyebut pasar tenaga kerja "kuat" dalam sebuah konferensi pers, menambahkan "kembali seimbang, dan itulah yang ingin kita lihat."

Rilis laporan pekerjaan bulanan pemerintah pada Jumat akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang pasar tenaga kerja. Para ekonom memperkirakan para pengusaha AS menambahkan 185.000 pekerjaan di Januari.

(bbn)

No more pages