Logo Bloomberg Technoz

BKPM Klaim Isu Menteri Mundur Tak Pengaruhi Iklim Investasi RI

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 January 2024 15:30

Ilustrasi Investasi. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi Investasi. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan isu kemunduran beberapa menteri di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mempengaruhi iklim investasi nasional.

Sebelumnya, santer isu bahwa sejumlah menteri berencana mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Ekonom Indef Faisal Basri bahkan menyarankan beberapa menteri bidang ekonomi untuk mundur, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Namun, beberapa pihak membantah kabar tersebut.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan mengatakan, isu mundurnya menteri sampai saat ini tidak berdampak signifikan terhadap iklim investasi di Indonesia. Menurut dia, hal yang dikhawatirkan oleh investor ialah terkait regulasi berganti-ganti.

“Sejauh ini tidak, karena bagi investor yang dilihat adalah regulasi. Hal yang lebih mengkhawatirkan adalah ketika aturannya ganti-ganti,” kata Nurul Ichwan saat ditemui setelah acara Outlook Economy 2024, di kawasan Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Ia memberikan contoh, misalnya saat pemerintah memberikan suatu regulasi, apabila menteri yang mengeluarkan aturan tersebut mundur, maka aturan atau Peraturan Menteri (Permen) yang dibuatnya tetap berlaku.