Logo Bloomberg Technoz

LPS Waspada Kenaikan Giro, Meski Likuiditas Perbankan Memadai

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 May 2024 17:50

Ilustrasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). (Dok. LPS)
Ilustrasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). (Dok. LPS)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkap kondisi likuiditas perbankan terjaga baik, tercermin dari indikator likuiditas yang berada di atas ambang batas. Namun LPS tetap mewaspadai pertumbuhan giro yang cukup tinggi.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan pertumbuhan giro yang tinggi menunjukkan dua hal, yakni indikasi penahanan ekspansi atau mulai bersiap-siap melakukan ekspansi.

“Kalau giro naik ada dua hal mereka takut ekspansi uangnya ditaruh di giro dulu, tapi ada satu hal lagi ada kemungkinan mereka siap-siap ekspansi juga karena kalau di giro paling likuid dari deposito dan lain sebagainya, jadi giro tumbuh kencang,” kata Purbaya.

Dalam hal itu, ia berharap ketidakpastian pada sektor keuangan bisa segera hilang, sehingga pihak-pihak yang masih menahan dananya bisa segera menjalankan investasinya.

Berdasarkan laporan Bank Indonesia (BI), pada April 2024 DPK Korporasi tumbuh 15,3% (yoy) dan perorangan tumbuh 2,3% (yoy). Sementara itu, giro tumbuh 11,2% (yoy) setelah pada bulan sebelumnya tumbuh 8,6%.