Logo Bloomberg Technoz

BTN Gaet PPA Tuntaskan Kredit Bermasalah Rp900 M


Dok. Bank BTN
Dok. Bank BTN

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN menggandeng PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) untuk menyelesaikan rasio kredit bermasalah atau Non-Performing Loan (NPL). 

Hasilnya, BTN mampu memangkas NPL sekitar hampir Rp900 miliar.

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, transaksi penyelesaian aset berkualitas rendah itu telah diselesaikan oleh bank pelat merah itu dan pihak-pihak terkait pada akhir tahun lalu. Ia berharap pemangkasan NPL ini dapat meningkatkan kinerja BTN.

"Penyelesaian ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas aset Bank BTN yang berdampak pada peningkatan kinerja Perseroan. Melalui penyelesaian ini, kami optimistis dapat memperbaiki rasio NPL yang diharapkan dapat turut mendorong pertumbuhan bisnis Perseroan," ujar Nixon dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/1/2023).

Penyelesaian NPL ini merupakan wujud nyata sinergi BUMN sekaligus komitmen BTN untuk senantiasa memperbaiki kualitas aset. BTN sendiri optimistis mampu mendorong perekonomian nasional melalui penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat.