Logo Bloomberg Technoz

Wall Street Bergerak Tipis Dipacu Data Inflasi AS

News
13 December 2023 05:50

Institusi perbankan di Wall Street./dok. Bloomberg
Institusi perbankan di Wall Street./dok. Bloomberg

Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa Amerika Serikat (AS) Wall Street bergerak datar menjelang keputusan Federal Reserve terkait kebijakan keuangan. Data inflasi AS yang mengecewakan memperkuat spekulasi bahwa para pengambil kebijakan tidak akan terburu-buru untuk memutuskan pelonggaran moneter.

Pelaku pasar saham terus memperkirakan bahwa bank sentral AS akan menahan kebijakan suku bunga acuan pada Rabu (13/12/2023), angka-angka terbaru ini menimbulkan pertanyaan mengenai penilaian agresif dari poros dovish

Para pelaku pasar menahan aliran dana dan mengurangi pertaruhan mereka terhadap kebijakan penurunan suku bunga tahun depan. Penurunan suku bunga pertama diperkirakan akan terjadi pada Mei 2024. Data tersebut juga memicu spekulasi bahwa Gubernur The Fed Jerome Powell berpotensi mengabaikan pelonggaran kebijakan.

Menyusul keputusan The Fed terakhir, Powell mengingatkan investor bahwa laju inflasi akan bergelombang. Fakta bahwa indeks harga konsumen (IHK) hanya sesuai dengan perkiraan, dan sedikit meningkat, menjadi mengejutkan dalam upaya mengembalikan harga, terutama di sektor jasa, yang telah dikategorikan oleh The Fed sebagai upaya terakhir dalam upaya memerangi inflasi.