Logo Bloomberg Technoz

Wamenkeu: Butuh Sektor Keuangan untuk Hadapi Perubahan Iklim

Dinda Decembria
11 December 2023 16:30

Wamen Kemenkeu, Suahasil memberikan Keterangan Pers terkait Sidang Kabinet Paripurna. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Wamen Kemenkeu, Suahasil memberikan Keterangan Pers terkait Sidang Kabinet Paripurna. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku membutuhkan industri keuangan untuk menjaga Tanah Air dari dampak perubahan iklim. Sektor keuangan dianggap sebagai penghubung antara pemilik dana dan pihak yang membutuhkan dana untuk memperbaiki lingkungan. 

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebutkan pemerintah memiliki anggaran untuk menangani perubahan iklim. Hal ini sudah tercantum dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dengan istilah budget tagging on climate change.

"Kami paparkan berapa, kami juga kerja dengan setiap kementerian/lembaga, dan mereka menjelaskan berapa budget untuk menangani, mitigasi, dan adaptasi perubahan iklim. Saya berharap informasi ini didaur ulang terus dan menjadi acuan," kata Suahasil di Jakarta, Senin (11/12/2023). 

Kendati menyiapkan anggaran, tetapi pemerintah tidak bisa bekerja sendirian untuk mengatasi perubahan iklim. Menurut dia, pemerintah membutuhkan bantuan dari dunia usaha, sektor keuangan, maupun dukungan keuangan internasional untuk mencapai emisi nol bersih. 

Menurut dia, sektor keuangan menjadi pihak yang sangat penting, sehingga harus benar-benar mendukung pendanaan perubahan iklim. Sebagai pemerintah, Suahasil mengaku pihaknya harus memikirkan bagaimana menyediakan pendanaan inovatif yang tidak hanya dari uang negara, tetapi juga dana lain.