Logo Bloomberg Technoz

Rusia Akan Batasi Sementara Ekspor Bensin dan Solar

News
21 September 2023 20:10

Ilustrasi minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Rusia, salah satu pemasok utama solar ke pasar global, untuk sementara membatasi ekspor bahan bakar tersebut. Hal ini merupakan upaya untuk menstabilkan pasar bahan bakar dalam negeri setelah harga bahan bakar kendaraan melonjak.

"Pembatasan sementara akan membantu menyuplai pasar bahan bakar, yang pada gilirannya akan mengurangi harga bagi konsumen," kata kantor pers pemerintah dalam situs web-nya. Dokumen yang ditandatangani oleh Perdana Menteri (PM) Mikhail Mishustin akan dipublikasikan kemudian. Tindakan ini juga berlaku untuk bensin, meskipun Rusia lebih sedikit mengekspornya.

Langkah ini mungkin memperburuk kelangkaan bahan bakar diesel di pasar global saat ini. Produsen minyak dunia kesulitan memproduksi cukup bahan bakar tersebut akibat pasokan minyak mentah yang terbatas dari Rusia dan Arab Saudi, produsen terbesar dalam Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya.

Pemerintah Rusia telah melakukan pertemuan dengan produsen-produsen minyak guna menentukan langkah-langkah demi mengendalikan kenaikan harga bahan bakar. Menurut sumber pekan lalu, Presiden Vladimir Putin mengatakan pejabat dan perusahaan telah sepakat tentang cara bertindak di masa depan, tetapi perdebatan masih berlanjut.