Logo Bloomberg Technoz

Selain Harta Karun Warim di Papua, Ini 7 Blok Migas Terbesar RI

Sultan Ibnu Affan
21 September 2023 11:53

Ilustrasi Blok Rokan. (Dok. Pertamina)
Ilustrasi Blok Rokan. (Dok. Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia tengah dirongrong oleh pekerjaan rumah besar demi menggapai ambisi pemerintah mengatrol produksi siap jual (lifting) pada 2030.

Pemerintah telah menetapkan target lifting minyak pada 2030 menembus 1 juta barel per hari atau barrel of oil per day (BOPD), sedangkan gas sebanyak 12 miliar kaki kubik per hari atau billion standard cubic feet per day (BSCFD).

Tidak ada cara lain, Indonesia perlu memaksimalkan beberapa wilayah kerja (WK) migas yang kini sudah onstream untuk terus dieksploitasi dan dipacu produksinya. Terlebih, kinerja hulu migas dari sisi produksi terus merosot.

Kinerja sektor hulu migas semester I-2023./Sumber: SKK Migas

Tidak hanya blok eksisting, tuntutan untuk mengeksplorasi potensi di blok-blok baru pun turut menguat. Dalam upaya mencari ladang migas baru, salah satu blok yang belakangan menjadi sorotan adalah Warim, yang digadang-gadang sebagai ‘harta karun’ dengan cadangan minyak jumbo dan gas empat kali lipat melebihi Blok Masela.

Blok Warim menjadi salah satu WK migas yang tengah menjadi sorotan akhir-akhir ini lantaran ditengarai menyimpan kekayaan minyak dan gas di cekungan besar yang konon berbatasan dengan wilayah Papua Nugini.