Logo Bloomberg Technoz

Diduga Bersalah atas Kebakaran, Hawaiian Electric Disebut Lalai

News
25 August 2023 08:30

Kawasan Lahaina di Hawaii luluh lantak akibat kebakaran hutan. (Sumber: Bloomberg)
Kawasan Lahaina di Hawaii luluh lantak akibat kebakaran hutan. (Sumber: Bloomberg)

Malathi Nayak dan Joel Rosenblatt - Bloomberg News

Bloomberg, Hawaiian Electric Industries Inc. digugat oleh para investor, dan kabupaten Maui menuduh perusahaan itu tidak memutus aliran listrik dan mengambil tindakan untuk mengendalikan kebakaran yang melanda kota Lahaina bulan ini.

Harga saham Hawaiian Electric telah anjlok sejak kebakaran liar yang terjadi sekitar dua minggu lalu, mengundang keluhan dari investor di pengadilan federal San Francisco yang menuduh perusahaan membahayakan pulau tersebut.

Maui hendak meminta kompensasi untuk kerugian terhadap infrastruktur publik, biaya respons kebakaran, kerusakan lingkungan, dan kerusakan landmark sejarah atau budaya yang disebabkan oleh tiga kebakaran yang dimulai pada 7 dan 8 Agustus, kata kabupaten tersebut dalam sebuah pernyataan.

Gugatan semakin menumpuk terhadap Hawaiian Electric dengan tuduhan bahwa saluran listriknya berkontribusi pada kebakaran yang menghancurkan sebagian besar Lahaina dan menewaskan lebih dari 100 orang. Mereka harus membayar hampir US$4 miliar jika dinyatakan lalai, menurut firma penelitian investasi Capstone LLC.