Logo Bloomberg Technoz

Evaluasi Kebijakan Bebas Visa 159 Negara Pakai 3 Ukuran

Ezra Sihite
01 August 2023 21:30

Presiden Jokowi memimpin ratas di Istana Kepresidenan, Jakarta (Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi memimpin ratas di Istana Kepresidenan, Jakarta (Humas Setkab/Rahmat)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menyatakan akan melakukan evaluasi program bebas visa kunjungan dengan didasarkan pada tiga prinsip atau ukuran yaitu timbal balik atau reciprocity, kebermanfaatan dan keamaan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap hal tersebut dalam keterangan pers di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (1/08/2023). Soal evaluasi program bebas visa ini dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

“Dulu kita ada bebas visa kunjungan kepada 159 negara ditambah 10 negara ASEAN. Ini nanti akan dievaluasi berbasis tiga hal yaitu reciprocity, kebermanfaatan, dan keamanan, tentunya ini yang akan menjadi panduan,” ujar Sandiaga di Jakarta.

Dia melanjutkan, evaluasi yang akan dilakukan pemerintah dalam satu bulan ke depan tersebut diharapkan akan dapat memaksimalkan potensi kunjungan wisatawan ke Indonesia.

“Walaupun target pariwisata kita sudah melampaui proyeksi batas atas atau target atas, masih banyak peluang untuk pariwisata berkualitas dan berkelanjutan yang kita akan lakukan,” ujarnya lagi, mengutip laman Sekretariat Kabinet.