Logo Bloomberg Technoz

Masih Ada Potensi Pelemahan Rupiah Hari Ini: Analisis Teknikal

Muhammad Julian Fadli
23 June 2023 09:05

Ilustrasi uang Rupiah. (Photo By wirestock via Envato)
Ilustrasi uang Rupiah. (Photo By wirestock via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nilai tukar rupiah hari ini berpotensi melemah dengan  target koreksi menuju area level Rp14.978/US$ yang merupakan support terdekat. Apabila kembali break support tersebut, nilai rupiah berpotensi melanjutkan pelemahan ke MA-100 pada area Rp15.014/US$ sebagai support psikologisnya.

Jika nilai rupiah terjadi penguatan, resistance menarik dicermati pada level Rp14.900/US$ dan resistance selanjutnya ke MA-50 pada area Rp14.854/US$ dalam tren jangka pendek.

Analisis Teknikal Nilai Rupiah Jumat 23 Juni (Divisi Riset Bloomberg Technoz)

Nilai tukar rupiah berhasil ditutup menguat tipis 5 bps ke level Rp14.940/US$ pada perdagangan Kamis (22/6/2023), usai mendengar keputusan Bank Indonesia menahan bunga acuan BI7DRR dan melansir rencana lanjutan untuk mendukung rupiah di tengah dominasi dolar AS yang semakin besar karena ketidakpastian perekonomian global.

Menjaga stabilitas nilai tukar rupiah menjadi fokus utama Bank Indonesia di tengah tingginya ketidakpastian global terutama terkait arah bunga acuan di negara-negara ekonomi utama.

Untuk menyokong pertahanan rupiah, BI berniat mengoptimalkan operasi moneter melalui term deposit valas Devisa Hasil Ekspor dengan menambah pilihan tenor yang lebih pendek dan menambah frekuensi lelang. Yaitu, TD valas DHE overnight, tenor 2-3 hari, juga tenor 1 minggu untuk melengkapi 3 tenor yang sudah ada sebelumnya yaitu 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan.