Logo Bloomberg Technoz

Puan Maharani Yakin Mimpi Satu Gerbong SBY Bisa Jadi Kenyataan

Sultan Ibnu Affan
22 June 2023 21:00

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekjend PDIP Hasto Kristiyanto. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekjend PDIP Hasto Kristiyanto. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP), Puan Maharani menilai mimpi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa 'satu gerbong' dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri berpotensi jadi kenyataan. Tiga presiden tersebut akan mendampingi sosok yang menjadi Presiden Indonesia ke-8.

"Insyaallah. Mudah-mudahan apa yang menjadi mimpi Pak SBY bisa menjadi kenyataan; saling menjemput, dijemput, bahkan kemudian disambut oleh presiden ke-8," kata Puan, Kamis (22/6/2023).

Cucu Presiden Sukarno tersebut juga mengatakan, peluang rekonsiliasi antara SBY dan Megawati saat ini cukup besar. Dia merujuk pada pertemuan dirinya dengan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), pekan lalu. Puan sendiri adalah anak Megawati; dan AHY adalah putera pertama SBY.

"Kalau saya meyakini dan optimis tidak akan pernah ada jalan buntu, karena semuanya itu kan tentu harus pada timing yang tepat," ujar dia. "Tapi yang pasti, apa yang saya dan mas AHY lakukan ini, merupakan salah satu jalan pembuka untuk bisa menuju sampai kesitu [rekonsilasi]."

Belakangan, cuitan SBY bermimpi berada dalam satu kereta dengan Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri membuka wacana kemungkinan rekonsiliasi kedua mantan Presiden tersebut. SBY mencuitkan hal tersebut di akun Twitternya, @SBYudhoyono, Senin (19/6) lalu. Cuitan ini disampaikan langsung oleh presiden ke-6 tersebut, karena diberi tanda SBY.