Logo Bloomberg Technoz

AS Serukan Koalisi Dunia untuk Hentikan China 'Mencuri' Paten AI

News
22 June 2023 17:00

Nathaniel Fick, Duta Besar untuk Biro Ruang Siber dan Kebijakan Digital AS. (Sumber: Bloomberg)
Nathaniel Fick, Duta Besar untuk Biro Ruang Siber dan Kebijakan Digital AS. (Sumber: Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg - Amerika Serikat (AS) menyerukan untuk membangun koalisi negara-negara membuat "buku pedoman" untuk menghentikan China mencuri kekayaan intelektual atau paten khususnya dibidang kecerdasan buatan dan teknologi utama lainnya. Hal tersebut disampaikan oleh Nathaniel Fick, Duta Besar untuk Biro Ruang Siber dan Kebijakan Digital AS.

Ia mengatakan pencurian lewat dunia maya membuat China berhasil membangun jaringan nirkabel generasi berikutnya selama beberapa dekade, sambil mensubsisi perusahaan domestik. Sehingga, mereka dapat mengembangkan sendiri produk yang kompetitif secara global.

"Jika kita mengizinkan China untuk menjalankannya lagi, mereka akan melakukannya di cloud computing. Mereka akan melakukannya pada AI, mereka akan menjalankannya di setiap area inti teknologi strategis," katanya pada Rabu (21/6/2023) di forum Hudson Institute. "Kita harus membangun koalisi terbesar yang bisa kita bangun."

China telah berulang kali membantah tuduhan AS bahwa mereka terlibat dalam pencurian kekayaan intelektual. Kedutaan besar China di Washington tak segera menanggapi permintaan email untuk mengomentari pernyataan Fick.