Logo Bloomberg Technoz

Pertemuan tersebut merupakan yang terbaru dalam diplomasi tingkat tinggi ketika dua ekonomi terbesar dunia mencoba menemukan titik temu untuk dialog, yang berpotensi menjadi dasar untuk dialog antara Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping.

Bulan lalu, Direktur CIA William Burns melakukan kunjungan rahasia ke Beijing, sementara Menteri Perdagangan China Wang Wentao bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan Perwakilan Dagang Katherine Tai, juga Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan diketahui duduk bersama diplomat tinggi Wang Yi selama dua hari di Eropa.

Ilustrasi Bendera AS dan China (Sumber: Bloomberg)

Terlepas dari upaya-upaya tersebut, hubungan kedua negara tetap tegang karena serangkaian insiden, seperti klaim teritorial Beijing atas pulau Taiwan, dan kampanye Washington untuk mengisolasi China dari cip berteknologi tinggi agar tak digunakan militer.

Menteri Pertahanan China Li Shangfu menolak untuk bertemu Menteri Pertahanan AS di sebuah konferensi di Singapura pada akhir pekan, menggunakan pidatonya di sana untuk menyerang strategi Washington di Indo-Pasifik. Sebuah kapal perang China melintasi haluan kapal Amerika Serikat di Selat Taiwan pada jarak sekitar 150 yard, kata Pentagon pada Sabtu (03/06/2023), saat ketegangan semakin memanas.

Pada Senin (05/06/2023) Kritenbrink membahas “masalah lintas-selat” dengan pejabat China, menurut pernyataan AS, sementara China mengatakan bahwa pihaknya menyatakan “posisi serius” di Taiwan dan “prinsip utama” lainnya.

(bbn)

No more pages