Logo Bloomberg Technoz

Reformasi Besar-besaran, China Pangkas Gaji Pengawas Pasar Modal

News
15 May 2023 11:55

Layar menampilkan Bursa Efek Shenzhen dan angka Indeks Hang Seng di Shanghai, China. (Qilai Shen/Bloomberg)
Layar menampilkan Bursa Efek Shenzhen dan angka Indeks Hang Seng di Shanghai, China. (Qilai Shen/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Regulator pasar modal China atau The China Securities Regulatory Commission (CSRC) memangkas anggaran untuk kompensasi pegawai tahun ini. Pemotongan anggaran pengawas sekuritas Chini ini merupakan bagian dari perombakan besar-besaran birokrasi negara Tirai Bambu tersebut dalam beberapa dekade.

The China Securities Regulatory Commission mengalokasikan 170,3 juta yuan (US$24,5 juta atau setara Rp362,78 miliar) untuk total gaji dan tunjangan staf pada tahun 2023, turun 17% dari tahun sebelumnya, menurut perhitungan Bloomberg berdasarkan laporan keuangan. 

Meskipun gaji pokok untuk karyawan meningkat dari tahun sebelumnya, tapi tunjangan kerja mereka, yang menyumbang lebih dari setengah dari total kompensasi, turun 10% dari tahun 2022 menjadi 112,4 juta yuan. Keseluruhan anggaran untuk regulator juga turun 3,6% dari tahun ke tahun. 

Pengetatan ini terjadi setelah China pada Maret merombak rezim regulasi sektor keuangan yang mengawasi aset senilai US$61 triliun, dengan perubahan termasuk staf di otoritas keuangan baru dan pengawas sekuritas yang akan dibayar setara dengan pegawai negeri. Ini berarti beberapa pejabat dapat menghadapi pemotongan gaji lebih dari 50%, kata orang-orang yang mengetahui masalah ini.