Logo Bloomberg Technoz

Masih Pandemi, WHO Cabut Status Darurat Covid-19

Fransisco Rosarians Enga Geken
06 May 2023 08:00

Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)
Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menilai Corona Virus Disease atau Covid-19 bukan lagi merupakan keadaan darurat kesehatan global. Hal ini ditetapkan usai pertemuan panel Komite Kedaruratan Covid-19 ke-15 digelar, Kamis (4/5/2023).

"Kemarin, Komite Darurat #COVID19 bertemu untuk yang ke-15 kalinya dan merekomendasikan kepada saya agar saya menyatakan berakhirnya keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Saya telah menerima saran tersebut. Dengan harapan besar, saya menyatakan bahwa COVID-19 telah berakhir sebagai keadaan darurat kesehatan global," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus melalui akun twitternya @DrTedros, Jumat (5/5/2023).

WHO mendorong seluruh negara untuk beralih pada kebijakan manajemen jangka panjang terhadap pandemi yang sudah berlangsung tiga tahun tersebut. 

Langkah ini sebagian besar bersifat simbolis, mengingat sebagian besar negara telah kembali ke perilaku sosial yang normal. Beberapa negara telah melonggarkan karantina wilayah dan anjuran penggunaan masker, serta membuka kembali perbatasan untuk melakukan perjalanan. 

Tedros pun mengatakan, virus corona telah membunuh sekitar 20 juta orang di seluruh dunia. Bahkan, kata dia, pekan lalu angka kematian akibat Covid-19 mencapai satu orang tiap tiga menit.