Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral Banyak Negara Terus Menimbun Emas, China Terbesar

Ruisa Khoiriyah
09 May 2024 15:20

Emas batangan.
Emas batangan.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank-bank sentral di banyak negara semakin banyak menimbun emas dengan nilai pembelian emas selama kuartal pertama tahun ini memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa.

Menurut data World Gold Council, pembelian emas oleh bank sentral pada kuartal 1-2024 (net buy) mencapai 290 ton, setara dengan 9,23 juta troy ounce dan memecahkan rekor all time high yang pernah terjadi pada kuartal satu tahun lalu. Bank sentral Turki, Tiongkok dan India keluar sebagai bank-bank sentral yang paling banyak memborong emas.

People Bank of China (PBOC), bank sentral Tiongkok, bahkan tanpa henti terus menambah cadangan emasnya selama 18 bulan berturut-turut sampai April lalu meski kenaikan harga emas belakangan memperlambat laju pembelian mereka.

PBOC keluar sebagai bank sentral dengan pembelian emas batangan yang paling bersemangat sejak 2022 lalu ketika situasi dunia dihadapkan pada krisis geopolitik di Eropa memicu lonjakan harga komoditas, kemudian diikuti oleh inflasi global yang terbang tinggi. 

Bank sentral di banyak negara semakin banyak menimbun emas (Dok. World Gold Council)

Melansir Bloomberg News, Kamis (9/5/2024), PBOC tercatat memborong 60.000 troy ounce atau sekitar 1,86 ton emas selama April berdasarkan data resmi yang dilansir awal pekan ini. Jumlah pembelian itu lebih rendah dibanding bulan Maret sebanyak 160.000 troy ounce dan Februari sebanyak 390.000 troy ounce.