Logo Bloomberg Technoz

Ukraina Tangkap 2 Pejabat Diduga Rencanakan Pembunuhan Zelenskiy

News
08 May 2024 08:30

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. (Nathan Howard/Bloomberg)
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. (Nathan Howard/Bloomberg)

Aliaksandr Kudrytski - Bloomberg News

Bloomberg, Pihak berwenang Ukraina mengatakan bahwa mereka menggagalkan rencana pembunuhan terhadap Presiden Volodymyr Zelenskiy dan para pejabat tinggi lainnya, dan mengumumkan hal tersebut pada hari pelantikan Vladimir Putin di Moskow.

Dua kolonel dari Departemen Keamanan Negara Ukraina, sebuah unit khusus yang bertanggung jawab untuk melindungi para pejabat pemerintah, telah ditahan karena dicurigai melakukan pengkhianatan tingkat tinggi, kantor Kejaksaan Agung mengatakan pada Selasa di situs webnya. Salah satu tersangka juga dituduh membantu mengorganisasi aksi terorisme.

"Serangan teroris, yang seharusnya menjadi hadiah untuk Putin pada pelantikannya, telah berubah menjadi kegagalan dinas khusus Rusia," kata Vasyl Malyuk, kepala Dinas Keamanan Negara Ukraina, dalam sebuah pernyataan.

Para perwira tersebut terlibat dalam rencana pembunuhan Zelenskiy serta kepala Dinas Keamanan Ukraina, atau SBU, Vasyl Malyuk dan kepala intelijen militer Ukraina, Kyrylo Budanov, menurut pernyataan tersebut.