Logo Bloomberg Technoz

“Yang menjadi concern adalah, ternyata Starlink juga mau direct to costumer, baik sebagai home ataupun end site, tapi kita anggap [Starlink] tetap sebagai complement. Ada juga yang namanya high platform solution, itu pun juga sebagai complement terhadap jangkauan ISP yang terbatas,” ucap dia.

Darmayusa menambahkan bahwa layanan operator seluler dan apa yang ditawarkan Starlink membidik pasar berbeda hingga bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Selama ini operator seluler memiliki kendala masuk ke kawasan 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar). Selain pengembangan yang lebih menantang, logistik, keamanan, dan perawatan juga menjadi pekerjaan rumah lain. “Sangat-sangat berat,” tegas dia.

“Mereka itu punya pasar yang benar-benar unik, yang kita tidak bisa jangkau dengan baik,” ucap dia. Diketahui dengan orbit rendah Starlink mampu memperluas area jangkauan di wilayah pedalaman.

Prinsip kerja layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk.

Bahkan sinergi dapat dilakukan dengan Starlink seperti pola interkoneksi mampu pola kerja sama yang spesifik. “Jadi kita sambut baik.”

Hal yang turut digaris bawahi adalah bagaimana peran regulator mampu menghadirkan kesetaraan bisnis antar pelaku bisnis di industri. Ini penting karena dapat mendorong persaingan bisnis telekomunikasi yang sehat di Tanah Air.

“Yang jelas, pemerintah dalam hal ini harus memberikan background yang sama antara kita. Karena struktur pos kita jauh berbeda dengan mereka,” kata dia, seperti yang juga disampaikan Direktur Indosat Ooredoo Hutchison, Danny Buldansyah dalam kesempatan terpisah.

Dalam perkembangannya Starlink menyepakati MoU dengan pelaku jasa internet guna meningkatkan akses internet di seluruh wilayah Indonesia. Harapannya lewat kesepakatan dengan Starlink, perusahaan ISP lokal mampu meningkatkan kualitas layanan.

Provider dapat memanfaatkan jaringan Starlink yang telah hadir via satelit orbit rendah, kata Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif, saat dikonfirmasi Bloomberg Technoz, Rabu.

Kementerian Kominfo menegaskan uji coba internet LEO dari Starlink di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) akan  berlangsung bulan depan. Sebelum dapat digunakan secara luas oleh masyarakat, terlebih ketika nanti saat peringatan Hari Kemerdekaan di IKN, Starlink kata Budi Arie, harus terlebih dahulu melakukan dan lolos Uji Laik Operasi (ULO).

ULO merupakan proses pengujian sistem secara teknis dan operasional dalam rangka memastikan pemenuhan standar minimum dalam penyelenggaraan telekomunikasi, dengan tujuan untuk memeriksa hingga memvalidasi baik sarana maupun prasarana yang dibangun telah siap.

Budi Arie seraya menegaskan kembali bahwa perluasan layanan ke segemen ritel Starlink bukan ancaman industri layanan internet lokal.  Bisnis miliarder Elon Musk ini juga sejatinya telah ada sejak bulan Juni 2020. Kominfo memberikan hak labuh satelit khusus non geostationer (NGSO) satelit Elon Musk untuk layanan backhaul dalam penyelenggaraan jaringan tertutup anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsat.

Pada kesempatan terpisah Direktur Eksekutif ICT Insitute sekaligus pengamat telekomunikasi Heru Sutadi menilai kehadiran Starlink akan menggerus bisnis ISP dan operator telekomunikasi.

“Dalam 2-5 tahun ke depan diprediksi akan banyak ISP terpaksa gulung tikar,” kata dia. “Operator telekomunikasi juga akan tertekan dan diambil pasarnya.”

Starlink milik SpaceX.

XL Axiata Gandeng Nokia Optimalkan Jaringan 5G

Modernisasi jaringan 5G XL di Jawa Tengah tengah rampung, hasil kerja sama dengan Nokia - penyedian layanan teknologi jaringan seluler, cloud, dan fixed. Modernisasi melibatkan 4.400 titik, termasuk menambahan baru. Jaringan 5G XL telah aktif di sebagian wilayah, seperti Semarang, Yogya, Solo, dan Pekalongan. 

Modernisasi, termasuk meningkatkan kapasitas, memastikan kinerja jaringan yang lebih superior. XL Axiata mendapatkan layanan solusi dari portofolio AirScale yang komprehensif serta solusi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dan program Network Performance Improvement (NPI).

“Peningkatan infrastruktur 5G oleh XL Axiata akan mendorong pengembang aplikasi 5G untuk membuat dan mengaktifkan aplikasi baru berbasis 5G. Selain itu, XL Axiata dan Nokia juga menandatangani Nota Kesepahaman untuk mendirikan program co-development pada 5G Cloud RAN,” tulis Nokia dalam rilis yang diterima.

Ozgur Erzincan, Head of Market Unit – Indonesia, Nokia, mengaku senang terlibat dalam upaya memodernisasi jaringan operator XL hingga mampu memastikan pengalaman jaringan yang lebih baik bagi pelanggannya. Darmayusa menambahkan jaringan yang dimodernisasi berdampak pada ketersediaan cakupan dan kinerja jaringan terbaik di kelasnya.

(ibn/wep)

No more pages