Logo Bloomberg Technoz

Dunia

Perkiraan suku bunga dunia. (Sumber: Bloomberg)

Gelombang tinggi suku bunga global telah berlalu, tetapi kelonggaran bagi ekonomi dunia mungkin terbatas karena pembuat kebijakan tetap waspada terhadap ancaman inflasi. Perubahan arah terbaru Powell menciptakan dilema bagi bank sentral di seluruh dunia.

Perkiraan pertumbuhan ekonomi oleh IMF. (Sumber: Bloomberg)

IMF sedikit menaikkan ekspektasi pertumbuhan ekonomi global tahun ini, dengan alasan kekuatan perekonomianAS dan beberapa negara berkembang, sambil memperingatkan prospeknya tetap hati-hati di tengah inflasi yang persisten dan risiko geopolitik.

Tingkat kemiskinan negara-negara dunia. (Sumber: Bloomberg)

Narasi ekonomi yang semakin optimis di tahun 2024 sejauh ini adalah dunia yang menuju soft landing. Sayangnya, dunia yang sama itu juga menjadi lebih berbahaya, terpecah belah, terlilit utang, dan tidak setara.

AS

Grafik penjualan ritel AS. (Sumber: Bloomberg)

Penjualan ritel AS naik lebih tinggi dari perkiraan pada Maret dan bulan sebelumnya direvisi lebih tinggi. Hal ini menunjukkan permintaan konsumen yang tangguh, yang terus mendorong perekonomian yang sangat kuat.  Para penjualan kelompok kontrol (control-group sales) - yang digunakan untuk menghitung produk domestik bruto (PDB) - melonjak paling tinggi sejak awal tahun lalu.

Grafik perbandingan utang AS dengan PDB. (Sumber: Bloomberg)

Ketika Presiden Joe Biden minggu ini memuji pertumbuhan ekonomi Amerika sebagai yang terkuat di dunia selama tur kampanye pemilihan umum di negara bagian Pennsylvania, kepala keuangan global yang berkumpul di Washington memiliki pesan yang berbeda: yaitu tenangkanlah.

Meskipun negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu membantu mendukung pertumbuhan global, itu juga berarti AS "sedikit terlalu panas," kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva. Sebagian berkat sikap fiskal Washington, dengan defisit anggaran yang mendorong ke arah 7% dari PDB.

Pasar Negara Berkembang

Titik serangan drone di kawasan Isfahan, Iran. (Sumber: Bloomberg)

Israel dilaporkan melancarkan serangan balasan ke Iran pada Jumat pagi, setelah berhari-hari diplomasi yang heboh dari AS dan negara-negara Eropa. Di mana mereka mencoba meyakinkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk tidak menanggapi terlalu agresif, jika bisa tidak sama sekali, terhadap serangan Iran.  Kekhawatiran utama mereka adalah untuk menghindari perang yang lebih luas di wilayah yang sudah dilanda konflik Israel-Hamas dan yang bisa mendorong harga minyak di atas US$100 per barel.

India perkirakan musim hujan di atas normal pada 2024. (Sumber: Bloomberg)

India memperkirakan musim hujan di atas normal tahun ini, meningkatkan optimisme bahwa hujan yang deras akan memacu hasil panen dan pertumbuhan ekonomi, serta mendorong pemerintah untuk melonggarkan pembatasan ekspor gandum, beras, dan gula. Prakiraan datangnya musim hujan yang normal menjadi pertanda baik untuk meredakan biaya pangan, dan pada akhirnya inflasi harga konsumen utama, kata Anubhuti Sahay, kepala penelitian ekonomi, Asia Selatan, di Standard Chartered Plc.

Eropa

Transisi energi ramah lingkungan negara-negara di dunia. (Sumber: Bloomberg)

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen sedang melancarkan rentetan pembatasan perdagangan terhadap China saat dia berusaha memenuhi janji untuk menjadikan Uni Eropa sebagai pemain politik yang lebih relevan di panggung global. Di sektor teknologi ramah lingkungan, Uni Eropa sedang berjuang keras untuk mencegah persaingan dari impor barang-barang dari China yang murah, mulai dari kendaraan listrik hingga panel surya.

Penyebab perubahan pada inflasi Inggris. (sumber: Bloomberg)

Inflasi Inggris melambat kurang dari yang diperkirakan bulan lalu karena harga bahan bakar naik lebih tinggi. Hal ini mendorong para trader untuk melepas spekulasi pada berapa banyak penurunan suku bunga yang akan dilakukan bank sentral Inggris atau Bank of England tahun ini.

Asia

Pertumbuhan ekonomi China. (Sumber: Bloomberg)

China melaporkan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat dari perkiraan di kuartal pertama - bersama dengan beberapa data yang menunjukkan keadaan akan menjadi lebih sulit di sisa tahun ini. Produk domestik bruto (PDB) naik 5,3% pada periode tersebut, sedikit meningkat dari kuartal sebelumnya dan melampaui perkiraan. Namun, sebagian besar kenaikan terjadi dalam dua bulan pertama tahun ini. Pada bulan Maret, pertumbuhan penjualan ritel merosot dan output industri gagal memenuhi perkiraan. Hal ini menunjukkan tantangan di masa depan.

(bbn)

No more pages