Logo Bloomberg Technoz

Stok di Ritel Seret, Bulog Bakal Diutus Banjiri Beras ke Pasar

Dovana Hasiana
12 February 2024 12:50

Suasana di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta Timur, Senin(12/2/2024). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Suasana di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta Timur, Senin(12/2/2024). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengeklaim telah berkoordinasi dengan Perum Bulog (Persero) terkait dengan kemungkinan penugasan untuk menggelontor pasokan ke tingkat pengecer, guna mengatasi isu gangguan stok beras di gerai-gerai ritel modern.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah tengah memantau ketat isu kelangkaan stok beras di ritel modern, khususnya segmen toko kelontong atau minimarket, guna memastikan apakah akar masalah terletak pada distribusi atau isu lain seperti permainan spekulan.

“Ya ini sekarang tugas kami semua untuk memastikan [stok beras] sampai ke outlet, baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Izinkan [beri pemerintah] waktu untuk mempersiapkan ini segera,” ujarnya di kompleks Istana Negara, Senin (12/2/2024).

Sekali lagi, perintahnya adalah banjiri pasar.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi

Arief pun memastikan telah berkomunikasi dengan para pelaku industri ritel modern terkait dengan isu gangguan stok beras tersebut.

“Pagi ini saya bersama teman-teman dengan Bulog, kemudian peritel-peritel, [bertemu] untuk membahas ini semua, untuk mengisi [pasokan beras ke] pasar ritel,” tegasnya.