Logo Bloomberg Technoz

“Kalau [pengembalian investasi yang macet] karena risiko bisnis itu tentu berbeda dengan kalau ada pelanggaran. Jadi itu yang sedang kita lihat,” papar dia. OJK tetap memperhatikan aspek perlindungan konsumen yang sesuai dengan ketentuan.

Kabar mundurnya Adrian, yang juga mantan ketua AFPI, dilaporkan pertama oleh DealStreetAsia. Investree pada 31 Januari memberikan klarifikasi sekaligus menegaskan bahwa Adrian Gunadi telah dicopot dari posisinya sebagai CEO. 

Investree tegas menyatakan bahwa PT Putra Radhika Investama, PT Radhika Persada Utama, atau perusahaan atau perorangan lainnya tidak memiliki hubungan dengan perusahaan.

Siapaun pihak yang, "mengklaim sebagai terafiliasi, anak perusahaan, subsider/anak perusahaan, dengan Investree, atau yang menyebut Investree sebagai penjamin atau pengelola dana/investasi adalah tidak benar, tidak pernah dilakukan, dan tidak pernah ada persetujuan oleh Pemegang Saham dan Direksi Investree," dalam sebuah pernyataan tertulis.

Pernyataan ini bertujuan untuk meluruskan berita-berita yang berkembang belakangan ini sekaligus memberikan informasi kepada para pihak yang mungkin terdampak.

Tingkat pengembalian investasi dan pokok dana lender Investree juga membesar. Rasio kredit macetnya telah di atas 5% atau jauh dari ambang ketentuan otoritas keuangan di Indonesia.

Hal ini tercermin dari indikator TWP, yang  merupakan parameter wanprestasi atau kelalaian penyelesaian kewajiban yang tertera dalam perjanjian di atas 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Pada 29 Januari nilai TWP90 Investree terpantau 12,8%, kemudian terus naik menjadi 16,44%, Kamis (1/2/2024). Hal ini mengartikan akumulasi kredit jatuh tempo terus membesar.

(wep)

No more pages