Logo Bloomberg Technoz

Gaduh Skandal, Daihatsu Indonesia Klaim Sudah Buka Lagi Ekspor

Dovana Hasiana
28 December 2023 08:45

Daihatsu. (Dok: Bloomberg)
Daihatsu. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali melakukan pengiriman ekspor secara bertahap ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor, mulai tanggal 26 Desember 2023. Padahal, sebelumnya produksi ADM untuk pasar ekspor ditangguhkan sementara, menunggu konfirmasi dari otoritas di negara tujuan ekspor imbas dari skandal Daihatsu. 

“Saat ini kami telah mendapatkan konfirmasi dari otoritas sebagian besar negara tujuan ekspor, bahwa sudah memenuhi regulasi yang berlaku di negara tujuan ekspor tersebut,” ujar Direktur Marketing and Corporate Planning Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani kepada Bloomberg Technoz, Rabu (27/12/2023).

Selain itu, ADM bersama prinsipal telah memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan. 

Kendaraan Daihatsu, kata Agung, juga sudah memenuhi regulasi yang berlaku. ADM juga tetap berkoordinasi dengan otoritas pemerintah Indonesia. Sehingga pelanggan Daihatsu tetap dapat menggunakan kendaraannya dengan aman dan nyaman.

Sebagai informasi, Daihatsu Motor Co memastikan penghentian ekspor dan operasi perusahaan hingga Januari 2024. Usai skandal Daihatsu, perusahaan turut menjanjikan ganti rugi kepada 423 perusahaan yang menjadi mitra bisnisnya selama ini.