Logo Bloomberg Technoz

Biden Sebut Jakarta akan di Bawah Air, Ibu Kota Harus Pindah IKN

Rosmayanti
18 December 2023 15:55

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara soal alasan ibu kota Indonesia harus dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), dan sempat menyebut Ibu Kota negara saat ini, Jakarta, akan di bawah air. Biden menyatakan ada urgensi dalam pemindahan ibu kota dari Jakarta.

Dua tahun lalu, dia mengatakan bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Hal ini disampaikannya dalam pidato sambutan di kantor Direktur Intelijen Nasional AS pada saat itu.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksi tersebut benar bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman Gedung Putih, Senin (18/12/2023).

Menurutnya, perubahan iklim merupakan ancaman terbesar yang saat ini menghantui seluruh dunia. Pasalnya perubahan iklim dapat menyebabkan permukaan air laut naik, yang mengakibatkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian, dan kehidupannya.

“​​Jika, pada kenyataannya, permukaan air laut naik dua setengah kaki lagi, Anda akan melihat jutaan orang bermigrasi, berebut lahan pertanian,” beber Biden.