Logo Bloomberg Technoz

Erick Incar Litium Australia untuk Kembangkan Industri EV RI

Dovana Hasiana
24 November 2023 10:20

Keterangan Pers Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Kantor Presiden, 31 Maret 2023 (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)
Keterangan Pers Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Kantor Presiden, 31 Maret 2023 (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Indonesia menggandeng Australia untuk pengembanan industri kendaraan listrik di dalam negeri, termasuk soal rantai pasok bahan baku mineral penting yang digunakan untuk baterai electric vehicle (EV).

Nota kesepahaman kerja sama bilateral tersebut ditandatangani  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim Erick Thohir dan Menteri Industri dan Ilmu Pengetahuan Australia Ed Husic, Kamis (23/11/2023).

Penandatanganan ini dilakukan untuk menindaklanjuti komitmen yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Anthony Albanese pada Annual Leaders' Meeting untuk memajukan kerja sama dan kolaborasi dalam industri kendaraan listrik.  

Mekanisme bilateral ini akan memfasilitasi hubungan kerja sama serta kolaborasi dalam memetakan rantai pasok dan ekosistem kendaraan listrik, berbagi best practice mengenai standar lingkungan sosial, dan tata kelola (ESG), mendukung transfer pengetahuan, memfasilitasi kemitraan bisnis-ke-bisnis baru serta membentuk komite pengarah bersama untuk memandu alur kerja dan memantau hasil kolaborasi.

“Tanda tangan MoU memperkuat bagaimana terjadinya kolaborasi dalam melihat kesempatan peningkatan electric vehicle mobil. Ini yang kebetulan kedua negara punya sumber daya alam [SDA] yang bisa disinergikan,” ujar Erick di Kantor Kementerian BUMN.