Logo Bloomberg Technoz

Dorong Ekonomi, China Suntik Rp3.096 T ke Sistem Perbankan

News
15 November 2023 10:50

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Tania Chen - Bloomberg News

Bloomberg, China menyuntik likuiditas uang tunai ke sistem perbankan dengan memberikan pinjaman kebijakan satu tahun selama 12 bulan berturut-turut. Hal ini dilakukan karena permintaan pendanaan akan meningkat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Bank Sentral China atau People's Bank of China (PBOC) menawarkan 1,45 triliun yuan atau setara Rp3.096 triliun uang tunai melalui fasilitas pinjaman jangka menengah — 600 miliar yuan lebih banyak dari 850 miliar yuan yang akan jatuh tempo pada November. Suntikan bersih ini merupakan yang terbesar sejak tahun 2016.

Hampir semua analis yang disurvei oleh Bloomberg sebelum operasi ini memperkirakan para pembuat kebijakan akan menyuntikkan likuiditas secara bersih. Tingkat suku bunga pada pinjaman kebijakan satu tahun tetap pada 2,5%.

China suntikkan uang tuang tunai. (Sumber: Bloomberg)

"Besarnya suntikan likuiditas melampaui ekspektasi pasar," kata Becky Liu, kepala strategi makro China di Standard Chartered Plc. Pemotongan rasio cadangan oleh PBOC masih mungkin terjadi, tetapi waktunya masih belum pasti, katanya.