Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tugaskan Militer-Kepolisian Bantu Tangani Kebakaran Hutan

News
08 October 2023 17:00

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)

Eko Listiyorini dan Elffie Chew - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah memerintahkan militer dan kepolisian untuk menangani kebakaran hutan. Langkah ini dilakukan setelah negara-negara tetangga mengeluhkan asap dari kebakaran tersebut yang membuat udara menjadi tidak sehat.

"Ketika ada api, akan ada asap, dan jika ada angin, asap tersebut bisa mencapai mana saja," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta pada hari Sabtu. "Saya telah memerintahkan kepala staf militer dan kepolisian untuk menangani setiap titik api, sekecil apapun, dengan segera."

Singapura dan Malaysia telah mengeluhkan penyebaran asap yang mengganggu dari kebakaran tersebut. Menurut situs web Badan Lingkungan Hidup Nasional, indeks pencemaran udara PSI 24 jam Singapura di pusat dan timur pulau tersebut naik di atas 100 pada hari Sabtu, tingkat yang dijelaskan sebagai "tidak sehat." Angka tersebut turun menjadi 96 pada pukul 14.00 pada hari Minggu.

Demikian pula, 13 wilayah di Semenanjung Malaysia mencatat kualitas udara yang tidak sehat pada hari Minggu. Menurut situs web Badan Lingkungan Hidup Nasional, angka tertinggi mencapai 163 di Malaka dan Batu Pahat.