Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Akui Bantuan Tunai Tak Selesaikan Masalah Kemiskinan

Mis Fransiska Dewi
30 August 2023 16:51

Ilustrasi Pemukiman di Bantaran Kali Ciliwung, Jakarta (Sumber: Muhammad Fadli/Bloomberg)
Ilustrasi Pemukiman di Bantaran Kali Ciliwung, Jakarta (Sumber: Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR. Dalam rapat tersebut, Bendahara Negara mendapat pertanyaan soal program penanggulangan kemiskinan.

Ahmad Junaidi Auly, Anggota Komisi XI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, menanyakan mengenai pertumbuhan ekonomi yang disebut tinggi, tetapi angka kemiskinan masih tinggi.

"Ketika bicara di sini, pertumbuhan ekonomi bagus. Namun ketika pulang ke masyarakat, ketemu yang 26 juta (penduduk miskin) itu. Bagaimana bisa menyambungkan itu angka baik, bisa dirasakan masyarakat miskin, tidak semacam dianggap limbah dari pembangunan saja?" tegas Junaidi.

Menurutnya, pemerintah masih belum punya terobosan dalam penanggulangan kemiskinan. Masih saja mengandalkan pemberian bantuan tunai.

"Sudah miskin, kasih aja Rp 300.000. Penanganan berkelanjutan tidak terlihat, sehingga ketemu berulang-ulang kemiskinan struktural. Bagaimana seharusnya pertumbuhan (ekonomi) yang hebat itu menyentuh masyarakat miskin," kata Junaidi.