Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Perusahaan Tak Dikenal yang Sahamnya Naik 487% Tahun Ini

News
04 August 2023 12:00

Ilustrasi Chip (Bloomberg)
Ilustrasi Chip (Bloomberg)

Yoojung Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Meningkatnya minat investor pada kecerdasan buatan (artificial intelligence) telah membuat saham perusahaan tidak dikenal, pembuat papan sirkut di Korea Selatan, meningkat hingga 487% sepanjang tahun dan menjadi salah satu peraih keuntungan terbesar di Korea Exchange.

Perusahaan itu adalah Isu Petasys Co. Perusahaan ini merupakan pemasok papan sirkuit berlapis untuk Alphabet Inc, Nvidia Corp, dan Microsoft Corp.

Kenaikan saham perusahaan baru-baru ini telah membantu meningkatkan kekayaan Chairman Kim Sang-Beom dan keluarganya menjadi lebih dari US$800 juta atau setara Rp12,08 triliun (asumsi Rp15.100/US$) per 3 Agustus 2023. Kim Sang-Beom mengendalikan 100% perusahaan induk Isu Petasys Co.

Saham Isu Petasys naik 487% tahun ini karena meningkatkan sentimen investor pada teknologi AI (Bloomberg)

"Hampir tidak ada perusahaan lokal [Korea Selatan] yang secara langsung memasok Nvidia dan Google, tetapi Isu Petasys mendapatkan pekerjaan itu," kata Baik Gil-hyun, analis di Securities Korea Co. "Jika booming AI terus berlanjut, ketertarikan investor pada perusahaan ini juga akan meningkat.