Logo Bloomberg Technoz

AS-Jepang Sepakat Kerjasama Pasokan Mineral untuk Baterai EV

News
28 March 2023 14:16

Ilustrasi Pelabuhan Yokohama (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Pelabuhan Yokohama (Sumber: Bloomberg)
Shoko Oda dan Eric Martin - Bloomberg News - 

Amerika Serikat (AS) sepakat meningkatkan kerja sama dengan Jepang untuk mengamankan rantai pasokan mineral kritis dan memperluas akses keringanan pajak bagi perushaan-perusahaan Jepang. 

Langkah tersebut merupakan upaya Presiden Joe Biden untuk menandingi dominasi China yang merajai baterai kendaraan listrik (EV).

Yasutoshi Nishimura, menteri perdagangan Jepang, mengatakan Selasa (28/03/2023) di Tokyo bahwa EV yang menggunakan bahan materi yang diproses di Jepang akan memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif sesuai Undang-Undang (UU) Pengurangan Inflasi (IRA) AS.

“Pengumuman ini adalah bukti komitmen Presiden Biden untuk membangun rantai pasokan yang tangguh dan terjamin. Jepang adalah salah satu mitra dagang kami yang paling berharga,” kata Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dalam sebuah pernyataan.

Washington telah melakukan negosiasi serupa dengan Uni Eropa (UE) yang membuka akses senilai US$369 miliar dalam berbagai bentuk tunjangan dan kredit pajak di bawah ketentuan IRA tersebut, khususnya untuk perusahaan yang ingin berinvestasi di berbagai bidang energi angin, matahari, dan kendaraan listrik.

Sejumlah saham perusahaan pemasok sektor EV di Jepang naik dalam perdagangan Selasa (28/03/2023. Sumitomo Metal Mining Co., produsen bahan katoda baterai, naik sebanyak 2,1%, sementara saham produsen separator Asahi Kasei Corp. juga menguat.