Logo Bloomberg Technoz

Sentimen The Fed Bikin Wall Street Reli, S&P Sentuh Rekor Lagi

News
22 March 2024 05:45

Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)

Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg, Reli saham yang tiada henti terjadi di Bursa Wall Street, ditopang optimisme bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve akan mampu melakukan pendaratan mulus atau soft landing, sehingga diproyeksi akan meningkatkan prospek pendapatan perusahaan.

Aksi pengambilan risiko baru mendorong indeks S&P 500 ke rekor tertingginya dalam 20 tahun terakhir, dipimpin oleh kenaikan sektor industri dan perbankan. Bahkan kerugian dua perusahaan teknologi raksasa, yakni Apple Inc dan Alphabet Inc, tidak dapat menghentikan momentum pasar.

Indeks Nasdaq 100 juga mencapai titik tertinggi sepanjang masa, didukung oleh prospek Micron Technology Inc. Reddit Inc. yang melonjak dalam debutnya.

Putaran terakhir data perumahan, manufaktur, dan pasar tenaga kerja menunjukkan perekonomian yang tangguh, yang secara teori akan membuat takut para pembuat kebijakan yang berupaya mengembalikan inflasi ke targetnya. Sehari setelah The Fed mengisyaratkan pihaknya akan menurunkan suku bunga tahun ini, para pedagang memutuskan untuk tetap mempertimbangkan risikonya.