Logo Bloomberg Technoz

Sidang IMO FAL 47 Dorong Digitalisasi Transportasi Maritim

Krizia Putri Kinanti
19 March 2023 08:32

Galangan kapal di Pulau Batam, Indonesia.(Edwin Koo/Bloomberg)
Galangan kapal di Pulau Batam, Indonesia.(Edwin Koo/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan mencatat beberapa poin penting bagi transportasi laut dunia dari sidang 47th Facilitation Committee Meeting (FAL 47) yang diselenggarakan Organisasi Maritim Dunia (International Maritime Organization/IMO) dari tanggal 13 s.d 17 Maret 2023 di London, Inggris.

Kepala Bagian Organisasi dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Wisnu Wardana menjelaskan Komite FAL mendorong percepatan digitalisasi transportasi maritim.

"Komite FAL telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk mempercepat digitalisasi dalam transportasi maritim, khususnya dengan amandemen Konvensi FAL yang diadopsi pada tahun 2016 dan 2022, yang mewajibkan pertukaran informasi secara elektronik dan pembentukan jendela tunggal (Single Window) maritim di pelabuhan," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/3/2023).

Untuk itu, Indonesia melalui Lembaga National Single Window (LNSW) terus mempersiapkan dan mendorong optimalisasi pemanfaatan digitalisasi kepelabuhanan di Indonesia. Ia mengatakan optimistis dengan digitalisasi kepelabuhanan melalui Inaportnet yang akan membuat pelayanan kepelabuhanan di Indonesia semakin baik

"Terlebih hingga tahun 2023 ini ditargetkan total 260 pelabuhan di Indonesia sudah mengimplementasikan Inaportnet," kata dia, merujuk pada sistem layanan tunggal berbasis internet yang mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan.