Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Kucurkan Rp147 M untuk Subsidi KA Perintis

Rezha Hadyan
03 March 2023 17:49

Suasana penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin, (27/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin, (27/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Kementerian Perhubungan akan menganggarkan Rp147 miliar untuk subsidi enam layanan kereta api (KA) perintis pada 2023, termasuk layanan KA Makassar Pare-Pare.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan subsidi KA perintis diberikan untuk layanan KA yang beroperasi di daerah baru. 

Pemberian subsidi tersebut juga dapat dilakukan pada prasarana perkeretaapian yang diaktifkan kembali atau secara komersial belum menguntungkan.

"Umumnya subsidi perintis ini diberikan oleh pemerintah untuk layanan KA dengan okupansi tidak lebih dari 70%, tetapi terdapat potensi dan kebutuhan yang cukup signifikan," katanya melalui keterangan resmi, dikutip Jumat (8/3/2023).

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub saat ini memiliki enam kontrak subsidi perintis dengan operator KA yang mencakup KA Cut Meutia (Kuta Blang—Krueng Geukeuh pp), dan KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi—Lalang pp).