Logo Bloomberg Technoz

Berkaca dari Nataru, Kemenhub Siasati Musim Mudik Lebaran 2023

Rezha Hadyan
15 February 2023 13:38

Para penumpang Lion Air yang tabrak garbarata di Merauke diberangkatkan Senin (27/1) (DOK Humas Ditjen Perhubungan Udara)
Para penumpang Lion Air yang tabrak garbarata di Merauke diberangkatkan Senin (27/1) (DOK Humas Ditjen Perhubungan Udara)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perhubungan melaporkan peningkatan jumlah penumpang angkutan umum sebesar 73% secara tahunan pada periode liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Berkaca dari data tersebut, pemerintah mulai mengantisipasi ledakan pemudik pada periode Idulfitri tahun ini. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk menghadapi membeludaknya pergerakan penumpang selama periode Hari Raya tahun ini, Kemenhub meminta penyempurnaan dalam pengaturan cuti bersama dan waktu libur. 

Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya pergerakan serempak pada waktu tertentu yang berpotensi menimbulkan gangguan atau insiden.

"Menghitung cuti bersama pada [periode] Lebaran atau Idulfitri untuk mencari terobosan-terobosan baru. Kemudian, untuk sosialisasi kebijakan ini juga tak kalah penting agar semuanya bisa tersampaikan dengan baik ke masyarakat," tuturnya dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi V DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (15/02/2023).

Pada kesempatan yang sama, dia memaparkan laporan terbaru terkait dengan angkutan penumpag selama periode liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).