Logo Bloomberg Technoz

Tembus Pasar Global: Kisah Sukses Kemitraan eFishery dan HSBC


Ist
Ist

Jakarta - Digitalisasi memungkinkan usaha untuk memiliki jangkauan dan skala global tanpa harus terikat secara fisik di setiap negara yang menjadi bidikannya. Kisah sukses eFishery menembus pasar global tanpa kantor fisik (branchless) merupakan contoh peluang yang terbuka oleh digitalisasi.

Di ulang tahun ke-10, eFishery pada Oktober 2023 mengumumkan ekspansinya ke India. Bersamaan, eFishery pun meningkatkan kemampuan aplikasi alat pakan otomatis mereka seturut usaha yang makin meluas.

“Melalui teknologi, aplikasi digital, dan jaringan yang kami rancang, para pembudidaya dapat meningkatkan produktivitas, memangkas biaya, dan meningkatkan kualitas hasil panen,” kata Gibran Huzaifah, pemilik dan pendiri eFishery, perusahaan akuakultur asal Indonesia.

Era digital membuka kunci bagi perusahaan yang hendak go international untuk terhubung sekaligus memberikan layanan laiknya usaha lokal di setiap negara tujuan ekspansi. Di era digital, semua data dan rantai pasokan, bahkan masukan pelanggan, dapat dibagikan secara online.

Yang menjadi tantangan, setiap usaha tersebut tetap butuh jejaring rekanan, pemasok, dan kesepahaman tentang cara menjalankan bisnis dalam skala lintas-batas negara. Merambah pasar global juga berarti kompleksitas tantangan yang bertambah.