Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Dibuka Melemah ke Rp15.740/US$ Kala Valuta Asia Menguat

Ruisa Khoiriyah
06 February 2024 09:11

Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah dibuka melemah di pasar spot pagi ini, Selasa (6/2/2024) di tengah pergerakan mata uang Asia yang mayoritas menguat melawan dolar Amerika Serikat.

Rupiah dibuka langsung tergerus ke Rp15.740/US$ atau melemah 0,18% dibanding level penutupan hari sebelumnya. Rupiah sempat menyentuh Rp15.749/US$ sebelum akhirnya terangkat sedikit dan kini bertahan di Rp15.740/US$ pada sepuluh menit perdagangan spot dibuka.

Di Asia, hanya rupiah bersama rupee India dan ringgit Malaysia yang melemah terhadap dolar AS pagi ini.

Sementara mata uang Asia lain seperti won Korea Selatan, baht Thailand juga dolar Singapura, serta yuan China semua masih mampu melawan dolar AS yang tengah menguat.

Rupiah tertekan sentimen pasar global yang masih dilanda aksi jual pasca rilis data indeks jasa ISM memperlihatkan perekononomian terbesar di dunia itu masih perkasa sehingga memperkecil peluang pelonggaran moneter karena mengantisipasi risiko kenaikan inflasi.