Logo Bloomberg Technoz

Selama Jadi Menko, Mahfud MD Pakai Peran Wartawan untuk 'Memukul'

Muhammad Fikri
01 February 2024 18:40

Mahfud MD Mengundurkan Diri (Andrean/Bloomberg Technoz)
Mahfud MD Mengundurkan Diri (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Selama menjabat Mahfud MD mengakui peran jurnalis dalam mendorong kerjanya sebagai Menko Polhukam. Mahfud telah mengundurkan diri dari kabinet Presiden Joko Widodo. Surat telah diterima langsung oleh Jokowi di Istana Negara, Kamis (1/2/2023).

“Daya kerja saya daya pukulnya dari wartawan. Kalau ada pejabat nakal sulit urus sendiri, saya [sengaja] lempar ke wartawan,” jelas dia di kantornya, Kamis.

Kerja Kemenko Polhukam, lanjut mahfud mengandalkan peran publik demi mendorong penyelesaian kasus. “Saya belum tahu siapa yang akan menjadi pengganti, namun penting buat Menko Polhukam itu dekat dengan wartawan,” kata Mahfud usai bertemu dengan Jokowi.

Pernyataan  Mahfud akan mundur jelang puncak pemilu dan pilpres 14 Februari telah terdengar sejak beberapa pekan lalu, saat Capres 03 Ganjar Pranowo memintanya untuk mundur dari kabinet pemerintahan saat ini.

Keputusan mantap diambil Mahfud MD dengan berbicara dalam sebuah kunjungan kerja di Lampung, dengan mengatakan, "Saya mengambil momentum penting untuk menyampaikan langsung ke Pak Presiden Jokowi, karena saya dulu diangkat dengan penuh kehormatan dan kepercayaan."