Logo Bloomberg Technoz

Alasan Desember Jadi Puncak Wisman Datang ke RI di 2023

Azura Yumna Ramadani Purnama
01 February 2024 14:30

Wisatawan berjalan di jalan Berawa, Bali, Kamis (28/12/2023). (Nyimas Laula/Bloomberg)
Wisatawan berjalan di jalan Berawa, Bali, Kamis (28/12/2023). (Nyimas Laula/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) naik di tahun lalu, terutama pada bulan Desember 2023. Sementara kunjungan Wisman yang terendah terjadi di Februari. 

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menjelaskan alasan melonjaknya kunjungan wisman pada bulan Desember tahun lalu. Menurutnya, momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) merupakan momentum yang dimaksimalkan oleh Wisman untuk berkunjung dan berlibur di Indonesia.

“Dan juga semakin banyaknya jumlah penerbangan di beberapa destinasi wisata di indonesia, ini salah satu faktor tingginya wisman yang hadir dan berkunjung ke destinasi-destinasi wisata di indonesia,” ujar Amalia dalam rilis berita resmi statistik BPS Februari, Kamis (1/2/2024).

Amalia mengungkap, berdasarkan catatan kunjungan wisatawan mancanegara tertinggi terjadi di bulan Desember 2023 dan terendah pada Februari 2023. Pada Desember 2023, kunjungan wisman melalui pintu masuk utama sebanyak 965,76 ribu kunjungan. 

Ia juga menjelaskan, pada Desember 2023 kunjungan wisman terbanyak berasal dari kebangsaan Malaysia, disusul oleh Singapura dan Australia. Sebagian besar wisatawan mancanegara ke Indonesia masuk melalui Bandara Ngurah Rai Bali.