Logo Bloomberg Technoz

DTS telah dimulai sejak tahun 2018, merupakan program pelatihan pengembangan kompetensi khusus industri digital. DTS bertujuan meningkatkan produktivitas, profesionalitas dan daya saing, serta keterampilan terkait teknologi informasi. DTS berlaku untuk angkatan kerja muda, dari masyarakat umum hingga Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kesiapan talenta digital penting untuk mempersiapkan era industri 4.0, terang Kementerian Kominfo. Terdapat delapan akademi; Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Thematic Academy (TA), Professional Academy (ProA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Digital Leadership Academy (DLA), dan Talent Scouting Academy (TSA).

“Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang untuk memaksimalkan peran pemerintah— masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha, dan media—untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital,” tulis Kominfo.

Nezar menambahkan untuk mencapai pemenuhan talenta digital hingga tahun 2030,  Kominfo mengharapkan program ini terus berjalan. Hal ini penting agar Indonesia tidak semakin tertinggal dalam memenuhi kebutuhan SDM yang berorientasi digital.

"Sampai hari ini program itu terus berjalan dan kita berharap ini akan terus berlangsung sampai dengan tahun 2030. Karena kalau kita ngga capai itu kita akan sulit untuk bisa catchup dengan ekosistem bisnis digital yang akan tumbuh dimasa depan" ucap Nezar.

"Dan ini bukan sekedar angka saja, saya kira kita semua juga mencermati perkembangan teknologi ya, yang terjadi secara global belakangan ini menunjukkan dan menuntut kesiapan negara-negara terutama yang emerging market seperti Indonesia," ucap Nezar

Bagi Anda yang berminat mengikuti akademi bertema digital bisa mengakses digitalent.kominfo.go.id, meski saat Bloomberg Technoz menelusuri banyak pendaftaran belum kembali dibuka kembali. Beberapa pelaksanaan akademi sepanjang tahun 2023 telah dilalui atau pendaftaran telah ditutup.

Meski demikian tak salah untuk mempersiapkan diri bagi Anda yang tertarik untuk ikut serta tahun depan, dengan berbagai kategori mulai dari para lulusan baru, vokasi, hingga yang masih berstatus mahasiswa.

Untuk ikutan pelatihan talenta digital bisa melakukan cara sebagai berikut:

  • Akses  laman digitalent.kominfo.go.id. Membuat akun baru jika belum terdaftar.
  • Pilih “Daftar”. Pastikan data diri dilengkapi dengan benar, termasuk email yang aktif.
  • Setelah memiliki akun, Anda akan diminta menyertakan kembali dana alamat domisili, nomor telepon, dan NIK.
  • Pilih jenis akademi yang diminati, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Terdapat syarat untuk mengikuti akademi, pastikan Anda membaca, memahami dan memenuhi standar kualifikasi. Setiap akademi berisikan puluhan tema pelatihan.
  • Saat sudah memutuskan pelatihan yang disasar, pilih “Daftar Sekarang”.

(fik/wep)

No more pages