Logo Bloomberg Technoz

Pesanan Menumpuk, Penjualan Mobil di Eropa Naik di Oktober

News
21 November 2023 18:30

Tampilan ruang kemudi dan dashboard mobil VW di pameran mobil IAA di Munich, Jerman. (Dok: Bloomberg)
Tampilan ruang kemudi dan dashboard mobil VW di pameran mobil IAA di Munich, Jerman. (Dok: Bloomberg)

Monica Raymunt - Bloomberg News

Bloomberg, Pengiriman mobil penumpang di Eropa tumbuh dalam 15 bulan hingga Oktober tahun ini, meskipun inflasi dan biaya pinjaman yang lebih tinggi membebani permintaan konsumen.

Pendaftaran mobil baru naik 14% dari tahun sebelumnya menjadi 1,04 juta unit, berdasarkan data Asosiasi Produsen Mobil Eropa, Selasa (21/11/2023). Menurut asosiasi peningkatan penjualan ini karena produsen terus berproduksi mengejar ketertinggalan pesanan. Penjualan kendaraan listrik menyumbang sekitar 15% dari total pengiriman.

Penjualan mobil di Eropa dalam 15 tahun

Gangguan rantai pasokan selama bertahun-tahun telah membuat pasar mobil Eropa memiliki banyak pesanan yang telah meningkatkan penjualan karena prospek ekonomi melemah. Meskipun zona euro yang beranggotakan 20 negara ini kemungkinan besar akan terhindar dari resesi, permintaan konsumen akan mobil listrik telah menunjukkan pelemahan dan ekonomi terbesar di kawasan ini, Jerman, mengalami stagnasi. 

Di Prancis, di mana pendaftaran melonjak 22% pada bulan Oktober, subsidi pemerintah mengimbangi permintaan yang lesu dan mendukung transisi kendaraan listrik di negara tersebut. Pertumbuhan penjualan di Jerman, pasar mobil terbesar di Eropa, menyusut menjadi kurang dari 5% bulan lalu setelah Berlin mengakhiri subsidi negara untuk pembelian dan penyewaan mobil listrik perusahaan. Penjualan mobil listrik di sana hanya tumbuh 4,3%.