Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Inti di Eropa Masih Tinggi karena Upah yang Naik

News
15 October 2023 14:10

Inflasi tinggi di Eropa masih menjadi tantangan (Dok. Envato)
Inflasi tinggi di Eropa masih menjadi tantangan (Dok. Envato)

Craig Stirling - Bloomberg News - 

Bloomberg, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde menyatakan, inflasi di Zona Euro masih kuat dan pertumbuhan upah “secara historis tinggi.”

Berbicara pada pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional di Marrakesh, Maroko, ia mengulangi penilaiannya terhadap perekonomian bulan lalu sambil menekankan bahwa kemajuan masih diperlukan dalam mengendalikan harga konsumen.

“Inflasi inti masih berada pada tingkat yang tinggi, mencerminkan fakta bahwa memudarnya dampak lonjakan biaya di masa lalu diimbangi dengan kenaikan biaya tenaga kerja,” kata Lagarde. “Memang benar bahwa pekerja yang menuntut kompensasi atas hilangnya daya beli di tengah ketatnya pasar tenaga kerja telah menghasilkan pertumbuhan upah yang tinggi dalam sejarah.”

Inflasi diperkirakan masih akan melanjutkan tren perlambatan hingga mencapai target 2% pada tahun 2025, katanya, mengulangi prakiraan bank sentral Eropa dalam pertemuan 14 September lalu. Pada tanggal itu, ECB memutuskan  menaikkan suku bunga, menjadi kenaikan 10 kali berturut-turut, dengan janji untuk mempertahankan suku bunga tetap tinggi dan kenaikan lebih lanjut tidak dikesampingkan.