Logo Bloomberg Technoz

KTT AIS Ikut Genjot Ekonomi Pariwisata Bali

Pramesti Regita Cindy
10 October 2023 15:15

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini dampak baik penyelenggaraan ajang internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 terhadap pariwisata di Bali. Diketahui IAS 2023 berlangsung pada 10-11 Oktober 2023.

“Ini akan ada Archipelagic and Island States Forum di Bali minggu ini. Ini juga kita harapkan akan meningkatkan geliat pariwisata dan tingkat hunian hotel,” ujar Menparekraf Sandi Uno usai menghadiri rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta pada Senin (9/10/2023) yang dikutip pada Selasa (10/10/2023) dari laman Setkab.

Sandi memberikan contoh KTT ke-43 ASEAN yang berlangsung pada September 2023 lalu memberikan dampak positif dalam hal okupansi hotel dan hunian di sektor pariwisata. Secara total dampak ekonomi bagi Jakarta karena KTT ASEAN kata dia baru akan dirampungkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sementara berikutnya akan ada event penyelenggaraan lainnya seperti MotoGP Mandalika 2023 maupun Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-17. Selain itu gelaran acara pariwisata nasional dan lokal juga harus dikembangkan.

“Tahun depan juga akan ada beberapa event internasional yang signifikan tapi balance dari capaian wisatawan mancanegara dan wisata nusantara ini harus seimbang. Wisatawan mancanegara ini sudah 15-20 persen di atas target, alhamdulillah, tapi yang wisatawan Nusantara ini harus ditopang dengan event-event berkelas daerah dan regional,” kata dia.