Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Bentuk Satgas Dedolarisasi di KTT ASEAN

Pramesti Regita Cindy
05 September 2023 17:50

Pembentukan Satgas LCT untuk menggenjot kebijakan dedolarisasi dalam transaksi dengan Negara ASEAN dan lainnya. (Dok. BUMN)
Pembentukan Satgas LCT untuk menggenjot kebijakan dedolarisasi dalam transaksi dengan Negara ASEAN dan lainnya. (Dok. BUMN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah membentuk satgas nasional untuk memperkuat penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral atau local currency transaction (LCT) dengan negara-negara ASEAN. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dedolarisasi ini digelar pada sela forum AIPF.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyaksikan secara langsung pembentukan Satgas LCT yang melibatkan Bank Indonesia dan sejumlah kementerian dan lembaga negara.

“Bank Indonesia meyakini bahwa Satgas Nasional LCT akan menjadi wadah koordinasi yang semakin memperkuat sinergi kebijakan antarkementerian atau lembaga dalam upaya meningkatkan penggunaan mata uang lokal pada transaksi bilateral Indonesia dengan negara mitra utama", kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Ballroom Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Satgas LCT ini juga berisi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir , Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua DK OJK Mahendra Siregar, Ketua LPS Purbaya Yudhi Sadewa.

Bank Indonesia (BI) memang tengah menggalakkan proses dedolarisasi alias mengurangi ketergantungan terhadap mata uang Amerika Serikat tersebut. Salah satu upayanya yakni BI memang mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral di Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.