Logo Bloomberg Technoz

BI memanfaatkan momentum Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 untuk mendorong kesepakatan bersama terkait pemahaman LCT antar negara anggota. Hal ini karena belum semua negara ASEAN lazim dengan skema dengan LCT. 

Negara ASEAN menyepakati High Level Principles (HLP) LCT Framework pada pertemuan ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors, Jumat (25/8/2023). Dalam HLP LCT framework tersebut akan dijabarkan poin-poin penting pendukung pelaksanaan kerja sama itu, seperti keterlibatan pemerintah, penunjukan bank settlement hingga partisipasi pelaku usaha. 

Dengan adanya kesepakatan tersebut, nantinya negara-negara ASEAN akan lebih mudah melakukan pembahasan kerja sama LCT secara bilateral.Melalui perluasan LCT, BI berupaya meminimalisir ketergantungan negara terhadap mata uang asing besar seperti dolar AS. Apalagi transaksi dagang secara bilateral yang terjadi antara negara anggota ASEAN terus meningkat. Hal ini akan berdampak baik terhadap stabilitas keuangan masing-masing negara.

Saat ini telah terdapat implementasi kerja sama LCT antara Indonesia dengan sejumlah negara di kawasan yaitu Malaysia, Thailand, Jepang, dan Tiongkok. Sementara  itu, dengan Singapura dan Korea Selatan telah diperoleh kesepakatan bersama untuk membangun kerangka implementasi kerja sama LCT dengan Indonesia.

(frg/ezr)

No more pages