Logo Bloomberg Technoz

Bank OCBC NISP Bukukan Laba Rp2,1 T, Kredit Tumbuh 12%

Elisa Valenta
31 July 2023 18:20

Bank OCBC NISP. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Bank OCBC NISP. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank OCBC NISP tbk membukukan laba bersih sebesar Rp2,1 triliun selama semester I 2023, tumbuh 25% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan laba tersebut didorong oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 21% secara year-on-year (yoy) dan kenaikan penyaluran kredit hingga 12% dengan nilai Rp142 triliun. Perusahaan juga mencatat peningkatan aset 10% dengan total hingga Rp245 triliun.

"Kami terus berusaha untuk tetap konsisten dalam menjalankan bisnis dengan membukukan kinerja yang positif. Pertumbuhan ini didorong oleh seluruh segmen bisnis. Pengelolaan kredit bank yang pruden memperlihatkan prospek yang positif ke depannya," ujar Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja dalam keterangan resmi, Senin (31/7).

Sementara itu dari sisi kualitas aset, OCBC NISP mencatat penurunan rasio kredit bermasalah (NPL) bruto menjadi 2,3%. 

Terkait simpanan, Dana Pihak Ketiga Bank juga tumbuh 4% YoY menjadi Rp178 triliun, ditopang masing-masing oleh pertumbuhan tabungan sebesar 19% dan deposito berjangka sebesar 9%. Selain itu, rasio CASA bank tetap stabil di 54,8%.  Pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga mencerminkan fokus Bank yang berkelanjutan dalam memberikan solusi keuangan yang komprehensif kepada nasabahnya.