Logo Bloomberg Technoz

Semester I 2023 CIMB Niaga Catat Laba Rp4,2 T, Kredit Tumbuh 8,6%

Elisa Valenta
31 July 2023 14:40

Ilustrasi digital lounge CIMB Niaga (Dok. CIMB Niaga)
Ilustrasi digital lounge CIMB Niaga (Dok. CIMB Niaga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) melaporkan perolehan laba sebelum pajak (unaudited) sebesar Rp4,2 triliun pada semester pertama tahun 2023, naik sebesar 25,8% year-on-year (yoy).

Capaian laba tersebut didorong oleh pendapatan bunga Bank CIMB Niaga yang mencapai Rp 11 triliun, atau tumbuh dari periode tahun sebelumnya yang sebesar Rp 9,27 triliun.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 8,6% Y-o-Y menjadi Rp206 triliun,  didukung  pertumbuhan  bisnis  Corporate Banking (+13,2%) dan Consumer Banking  (+8,0%).  Sementara itu Kredit Pemilikan Rumah (KPR)  tumbuh 4,8%, sementara Kredit Pemilikan Mobil (KPM) meningkat sebesar 14,6%, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance.

Seiring pertumbuhan kredit, rasio kredit macet atau non performing loan (NPL) gross BNGA menurun 3,5% menjjadi 2,53% ppada Juni 2023. Sementara rasio NPL Nett nya berkkurang dari 0,98% menjadi 0,75% di paruh pertama 2023.

“Meskipun dalam   kondisi  ekonomi yang  penuh   tantangan,   strategi  yang   kami   terapkan  dengancermat dan pendekatan yang berorientasi pada nasabah telah membuahkan hasil yang baik. Kamiakan   terus   fokus   dalam   menyediakan   solusi   keuangan   yang   inovatif,   berkelanjutan,   dankemudahan akses  keuangan bagi  seluruh  stakeholders,  senantiasa memberikan dukungan untukaspirasi keuangan nasabah, sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi," ujar Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan dalam keterangan resmi, Senin (31/7).